7 Cara Memilih Melon yang Manis

7 Cara Memilih Melon yang Manis

Siapa yang tidak suka melon? Buah yang menyegarkan dan kaya air ini memang cocok dinikmati saat cuaca panas. Tapi, tahukah kamu cara memilih melon yang manis dan matang?

Melon merupakan buah yang punya rasa manis dan tekstur berair yang disukai oleh banyak orang. Selain dimakan langsung, buah melon juga sering dijadikan berbagai olahan lezat, seperti salad buah, es kul-kul, dan olahan segar lainnya. 

Tahukah kamu ada sekitar 400 varietas dari melon yang terebar di seluruh dunia?  Varietas ini berbeda dalam hal bentuk, ukuran, dan rasa. Sebagai penggemar buah melon, informasi cara memilih melon yang manis dan matang perlu kamu ketahui. Untuk itu, simak artikel berikut ini untuk cari tahu tips dan caranya!

Baca Juga: Cara Memilih Buah Semangka Yang Manis Dan Matang Sempurna

7 Tips dan Cara Memilih Melon yang Manis dan Matang Sempurna

1. Pilih Berdasarkan Warna

Melon yang sudah matang memiliki ciri-ciri khusus, salah satunya adalah warnanya yang kuning keemasan. Warna kuning ini menunjukkan bahwa melon telah matang sempurna dan siap dinikmati.

Sebaiknya hindari melon yang berwarna kehijauan karena menandakan belum matang sempurna dan mungkin kurang manis.Bintik-bintik kasar pada bagian luar melon tidak memengaruhi tingkat kematangan dan aman dikonsumsi.

2. Perhatikan Permukannya

Permukaan melon yang halus menandakan bahwa melon tersebut belum matang. Sebaliknya, melon yang sudah matang memiliki permukaan yang kasar dan terasa berbutir. 

Jaring-jaring pada permukaan melon juga merupakan salah satu indikator kematangan. Melon yang matang memiliki jaring-jaring yang terlihat kuat dan menonjol. 

Selain itu, bintik-bintik kekuningan pada kulit melon juga menandakan bahwa melon sudah matang

3. Tekan Bagian Ujung Melon

Salah satu cara untuk mengetahui apakah melon sudah matang adalah dengan menekan bagian ujungnya yang tidak terhubung dengan tangkai. Tekan perlahan bagian ini. Jika terasa membal, maka melon sudah matang dan manis. Sebaliknya, jika terasa keras, melon belum matang dan sebaiknya tidak dibeli.

4. Cium Aromanya

Aroma buah melon dapat membantu menentukan tingkat kematangannya. Melon yang sudah matang akan memiliki aroma manis yang kuat. Semakin kuat aromanya, semakin manis pula melonnya.

Sebaliknya, melon yang tidak memiliki aroma atau aromanya kurang kuat menandakan bahwa melon tersebut belum matang dan kemungkinan besar tidak manis.

5. Ketuk Buah Melon

Kamu dapat mengetahui kematangan melon dengan mengetuknya secara perlahan. Jika terdengar suara yang lembut dan padat, maka melon sudah matang dan manis. Hal ini menunjukkan bahwa daging buah melon telah matang dan mengandung banyak air.

Sebaliknya, jika terdengar suara tinggi dan kosong, menandakan bahwa melon tersebut belum matang. Daging buahnya masih keras dan belum banyak mengandung air.

6. Pilih yang Terasa Berat

Cara berikutnya untuk memilih melon yang manis dan matang adalah dengan membandingkan beratnya. Melon yang sudah matang dan mengandung banyak air akan terasa lebih berat dibandingkan dengan melon yang belum matang.

Oleh karena itu, pilihlah melon yang terasa berat saat diangkat. Bandingkan beberapa buah melon dan pilihlah yang terberat untuk mendapatkan melon yang paling manis.

7. Cek Tangkainya

Ujung tangkai buah melon yang matang dan manis memiliki ciri-ciri khusus. Pertama, bentuknya bulat dan halus. Kedua, ujung tangkainya sedikit cekung.

Jika buah melon masih memiliki tangkai yang menempel, menandakan melon belum matang. Hal ini karena melon yang matang akan terlepas secara alami dari tangkainya.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Alpukat Yang Bagus Dan Matang

Jenis Buah Melon Paling Manis dari Jenis Lainnya

Melon hami dan crenshaw terkenal sebagai jenis melon paling manis diantara jenis lainnya. Melon hami memiliki cita rasa manis dan lebih renyah. Sedangkan melon crenshaw memiliki aroma yang kuat dan cocok diolah untuk berbagai menu, seperti sorbet. 

Melon Hami

Nama Ilmiah: Cucumis melo ‘Hami melon’

Cita rasa: Manis dan spicy

Melon hami terkenal sebagai salah satu jenis melon yang paling manis. Kulit buah melon hami mirip dengan melon pada umumnya, namun bentuknya lebih lonjong dan warnanya cenderung kuning. Melon hami juga dikenal sebagai Chinese Hami Melon atau snow melon, dengan buah yang renyah dan sangat manis.

Melon Crenshaw

Nama Ilmiah: Cucumis melo var. Inodorus ‘Crenshaw’

Cita rasa: Manis dan floral

Melon crenshaw adalah persilangan dari varian melon persia dan casaba yang memiliki rasa sangat manis dan beraroma floral. Tekstur buahnya lembut dan berair, membuatnya cocok dimakan langsung atau diolah menjadi salad buah. Melon crenshaw juga cocok dijadikan sorbet dan smoothies.

Baca Juga: Mengenal 7 Manfaat Buah Melon

Nah, itu dia cara memilih melon yang manis. Dengan mengikuti cara di atas, kamu dapat memilih melon yang manis dan matang dengan mudah. Selamat mencoba dan nikmati kesegaran buah melon terbaik pilihan kamu!

Buat kamu yang tidak mau repot belanja buah melon berkualitas, jangan khawatir! Astro menyediakan buah melon segar dan berkualitas yang bisa kamu pilih. Yuk, download aplikasi Astro sekarang dan pesan buah melon yang akan sampai hanya dalam hitungan menit!

Referensi:

How to Pick the Perfect Sweet Cantaloupe: 6 Tips

3 SIMPLE TIPS FOR PICKING RIPE CANTALOUPE

24 Types of Melons to Load Up on While They’re in Season

Comments are closed